Atlet Senam Peraih Medali Emas menjadi Pengemis


Atlet Senam Peraih Medali Emas menjadi Pengemis
Nasib seolah mempermainkan Zhang Shangwu, 27, seorang atlet yang tinggal di Beijing, China. Sebelas tahun lalu ia dielu-elukan banyak orang karena berhasil meraih dua medali emas di cabang senam Universiade, olimpiade untuk mahasiswa. Namun kini, ia terlunta-lunta dan menjadi pengemis di jalanan Beijing.

Ya, akibat cedera parah yang dialaminya, Zhang terpaksa pensiun dari olahraga yang ditekuninya tahun 2002 silam. Sayang, tingkat pendidikannya yang rendah, membuatnya hanya bisa berkarir sebagai pelayan restoran.Pekerjaan itu tak bertahan lama. Ia ganti bekerja di panti jompo.

Tapi, lagi-lagi cedera menghambatnya melakukan pekerjaan tersebut. Tingginya kebutuhan hidup memaksanya menjadi seorang pencuri, sehingga ia sempat mendekam di penjara selama lima tahun, sebelum bebas April lalu.Semenjak itulah ia memilih turun ke jalanan sebagai seorang pengemis...!!

Beruntungnya nasib baik kembali berpihak pada Zhang. Pekan lalu seorang penggemar mengenalinya saat ia memamerkan kebolehannya melakukan gerakan senam. Mulai detik itulah, kisahnya dimuat di media China. Banyak pihak yang menawarinya pekerjaan, salah satunya dari pengusaha terkaya di negara tirai bambu tersebut. 

“Di Cina banyak atlet yang bernasib seperti saya. Saya beruntung karena cerita saya dimuat di media,” ujarnya. Menurut Zhang, pemerintah setempat tidak pernah membantu atlet-atlet yang telah memasuki masa pensiun. Dan ia ingin kisah hidupnya membuka mata masyarakat, jika para atlet tersebut butuh bantuan. 


Sebenarnya Zhang bukan atlet pertama yang hidupnya mengenaskan. Atlet lainnya Cai Li, peraih medali emas angkat besi Asian Games 1990 terpaksa menjadi satpam setelah pensiun. Begitu pula Zou Chunlan, juara nasional angkat besi yang menjadi penjaga WC umum, sebelum satu LSM membantunya membuka usaha pencucian pakaian.


sumber : www.anehdankonyol.com