Inilah Cara Makan di Pesawat Ruang Angkasa


 

Inilah Cara Makan di Pesawat Ruang Angkasa. Seorang Astronot yang melakukan perjalanan ke stasiun luar angkasa memiliki berbagai macam makanan yang tersedia bagi mereka. Menu makanan tersebut berjumlah sangat banyak. Namun, semua makanan itu telah disiapkan dan dibekukan dengan daya tahan hingga minimal dua tahun.

Sejarah mencatat bahwa banyak astronout yang mengalami ketakutan ketika menelan makanan, karena berpikir bahwa proses pencernaan makanan dipengaruhi oleh nol gravitasi. Ternyata gravitasi tidak mempengaruhi proses menelan karena yang disebut gerak peristaltik di kerongkongan, di mana kontraksi dan gerakan otot tenggorokan adalah apa yang mendorong makanan ke tujuannya, bukan gravitasi.


Berikut ini contoh makanan yang biasa di makan para astronot di pesawat  Ulang Alik :

1.Makanan Reguler 


Tahun 1965 Project Gemini, metode pengeringan beku ditingkatkan dan kemewahan seperti koktail udang, roti bakar, daging dendeng sapi, ayam dan sayuran, dan puding ditawarkan dalam menu. Astronot bahkan menyelundupkan sandwich jagung daging sapi di pesawat ulang alik mereka, meskipun kemudian ditegur ketika remah yang mengambang menjadi masalah. 

Pada Misi Apollo (1968-1975), air panas bisa disajikan, dan di papan Ruang Skylab Station (73-74) ada kulkas dan freezer, yang memungkinkan untuk menyimpan item yang mudah rusak. Saat ini, segala sesuatu yang dapat disimpan pada suhu kamar bisa dimakan di pesawat ruang angkasa, termasuk pasta, buah, dan makanan populer lainnya dari rumah

2.Minuman Merek Tang


Berlawanan dengan kesalahpahaman yang populer, Tang tidak dikembangkan untuk perjalanan ruang angkasa, tetapi menggunakannya dalam luar angkasa tidak membantu meningkatkan penjualan mereka. Sebenarnya, Tang adalah pilihan yang alami, dan memungkinkan, dengan konsistensi bubuk, tapi itu apalagi disukai karena air di atas kapal memiliki rasa yang buruk (produk sampingan yang berbahaya dari reaksi kimia dalam sistem pendukung kehidupan), dan ini aditif sedikit tajam membuat dehidrasi lebih bisa dihilangkan.


Membuat Persiapan Makanan :

Cara mengemas sepotong makanan angkasa luar harus sesuai kriteria tertentu – selain dari pada dasarnya menjaga makanan, kemasan harus ringan, sekali pakai, dan berguna dalam bagaimana barang tersebut dikonsumsi (dan juga berisi petunjuk penyusunan dan kode bar, untuk melacak diet astronot masing-masing). 

Alasan-alasan ini sebagian besar disebabkan oleh perlunya akuntansi untuk berapa banyak ruang diperlukan untuk menyimpan makanan dan berat yang dibutuhkan di atas kapal, karena setiap kg berat akan membutuhkan bahan bakar lebih bagi roket, sehingga lebih ringan bobot akan semakin menghemat bahan bakar.Makanan harus gizi, mudah dicerna, dan cocok. Makanan juga harus dibuat untuk tujuan lingkungan gravitasi nol, harus ringan, disegel dengan benar, dan cepat, mudah untuk disiapkan,dibersihkan setelah konsumsi.




sumber http://www.anehdankonyol.com