Tulang 66 manusia prasejarah ditemukan di Sumatera


Tulang 66 manusia prasejarah ditemukan di Sumatera
Berbicara mengenai peninggalan arkeologi, Indonesia merupakan surganya. Baru-baru ini misalnya, para peneliti berhasil menemukan puluhan tulang belulang dari zaman prasejarah ini.
Seperti yang dilansir oleh Live Science (22/4), para peneliti nasional berhasil menemukan tulang belulang yang diduga merupakan sisa dari jasad 66 manusia gua di Sumatera. Diperkirakan, manusia gua ini hidup sekitar 3000 tahun yang lalu.
Yang unik, penemuan tulang manusia gua dengan jumlah puluhan ini merupakan hal yang langka. "66 adalah jumlah yang aneh," terang Truman Simanjuntak, arkeolog dari, Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional.
Truman sendiri mengaku heran karena dirinya maupun para arkeolog lain tak pernah menemukan bukti sejarah ini dengan jumlah sebanyak ini. Lebih lanjut, penemuan ini pun ditemukan hanya dari satu situs saja di sebuah gua di Sumatera.
Gua tempat penemuan ini sendiri lebih dikenal sebagai Gua Harimau oleh penduduk setempat. Di sini, juga ditemukan tulang belulang dari ikan, anjing, dan babi.
Para peneliti sendiri memercayai bahwa gua ini dulunya merupakan rumah bagi para petani pertama di Indonesia. mereka diyakini menggunakan gua ini juga sebagai tempat untuk mengubur jasad yang mati pada 3000 tahun lalu.
Penemuan ini sendiri diyakini bukanlah yang terakhir dilakukan untuk Gua Harimau. Para peneliti masih tertarik menggalinya lebih dalam karena diyakini masih akan banyak lagi penemuan-penemuan menghebohkan lainnya.
Pada zaman di mana 66 manusia gua hidup ini sendiri diyakini populasi manusia di dunia masih sekitar 50 juta jiwa. Saat itu, di belahan dunia lain sudah berdiri kekaisaran Zhou di China dan kerajaan Mesir Kuno yang sedang jaya-jayanya di bawah kepemimpinan Firaun Tutankamun.