Dari mana nama 'Bumi' berasal?


Dari mana nama 'Bumi' berasal?
Mungkin tidak banyak orang yang terlalu memusingkan dari mana asal kata bumi atau planet yang kita tinggali ini. Kira-kira, dari mana kata dan nama bumi berasal?

Sampai saat ini beragam teori dan pemikiran tentang dari mana asal kata dan nama bumi berasal. Belum ada kepastian resmi yang menjadikan sebuah teori pasti akan nama tersebut.

Di sebuah lama di Answer.com pernah memuat bahwa ada dua pemikiran tentang asal nama bumi. Pemikiran pertama adalah kata atau nama bumi berasal dari kosakata Inggris Kuno (Old English-Anglo Saxon) yaitu eorthe.

Eorthe sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Indo-European. Kata Eorthe dalam bahasa Indo-European (Jerman kuno) dipersonifikasikan sebagai Erde atau Erda yang memiliki arti daratan, permukaan, dasar dan sejenisnya.

Pemikiran kedua adalah berasal dari bahasa Mesir kuno. Kata bumi atau earth dalam bahasa Inggris disebut juga dengan nama yang telah dideterminasi huruf hieroglif dengan panggilan plow.
Kata plow sendiri digunakan untuk menggambarkan diri orang-orang Mesir kuno dengan artian sebagai seorang petani. Jadi plow dapat diartikan sebagai seorang petani itu sendiri atau juga sebagai ladang untuk bertani.

Menurut Wikipedia, ada banyak sumber yang menyebutkan awal kata atau nama bumi. Dituliskan bahwa kata earth atau bumi dalam bahasa Indonesia muncul di kosakata bahasa Inggris modern.

Kata earth merupakan kata benda yang digunakan di dalam kosakata bahasa Inggris sejak sekitar tahun 1137. Namun menurut catatan di Wikipedia, jauh sebelum penggunaan kata earth, sudah ada juga kata seperti eorthe (sebelum tahun 725) dari bahasa Inggris Kuno, ertho, erda, erde dari bahasa Jerman, aarde dari bahasa Belanda, jord dari bahasa Swedia dan Norwegia. Bahkan nama jord tersebut juga muncul di mitologi Norse (paham pagan di Jerman) yaitu Joro yang berarti ibu dari dewa Thor.

Tidak hanya dari peradaban kuno saja, di kitab Injil, (Genesis 1:10), juga menuliskan kata earth. "God called the dry land Earth, and the waters that were gathered together he called Seas. And God saw that it was good."

Dengan banyaknya pemikiran, opini, bukti tertulis atau yang tidak tertulis sampai dengan hipotesa, sampai sekarang belum ada teori pasti yang menyebutkan dari mana kata earth atau bumi berasal termasuk siapa pemrakasanya dan kapan dicetuskan.

Sebagai pemikiran, semua bangsa, peradaban dan negara di dunia memiliki satu kata untuk menyebutkan bumi ini seperti, earth (bahasa Inggris modern), eorthe (Anglo-Saxon), ertho, erda, erde (Jerman kuno), jord (Swedia dan Norwegia), joro (mitologi Norse), plow (Mesir kuno), terra, tellus (bahasa latin), aardd (Arab), era, gaia (Yunani kuno), eretz, ha'aretz (Israel), jardar (Islandia), ereds (Aramaic), diqiu (China), chinkyuu (Jepang), jigu (Korea), try da (Vietnam), prthvi (India), lok (Thailand) dan bumi (Indonesia dan beberapa bangsa rumpun Melayu).

Sumber: Bbcfocusmagazine.com, Threehugger.com, Merriam-Webster.com, En.Wikipedia.org, Britannica.com, Universetoday.com, Todayaifoundout.com, curious.astro.cornell.edu, Nationsonline.org, Techmedianetwork.com, Lifeslittlemysteries.com, Answer.com